Minggu, 19 Mei 2013

Hardware Pada Teknologi Garis Gawang


Setelah pada postingan sebelumnya saya membahas mengenai bagaimana sistem pada teknologi garis gawang beserta konsep softwarenya. Maka untuk kali ini saya akan mencoba menjelaskan mengenai hardware yang ada pada teknologi garis gawang itu sendiri baik pada teknologi Hawk Eye, GoalRef maupun Cairos. Mungkin ada yang sudah pernah posting mengenai ini namun tak ada salahnya saya mencoba untuk mengulasnya lagi.

Pada teknologi Hawk Eye sendiri, hardware yang digunakan yaitu 6 buah kamera yang memiliki kecepatan tinggi dalam hak menangkap gambar atau objek serta jam tangan yang akan dikenakan wasit untuk menerima hasilnya.  Keenam kamera tersebut diletakkan pada 6 titik di sekitar lapangan. Tetapi, sistem ini memiliki resiko ketidakakuratan sebesar 3,6 milimeter dari jarak sebenarnya. 

Adapun teknologi  GoalRef sendiri, hardware yang digunakan yaitu bola yang dipasangi microchip dan gelombang elektromagnetik rendah yang dipasangkan disekitar gawang.  Selain itu juga pada teknologi ini menggunakan jam tangan digital untuk menampilkan hasil apabila terjadi gol. Dimana jam tangan tersebut akan dikenakan oleh wasit /pengadil di lapangan.

Sedangkan untuk teknologi  Cairos sendiri , hardwarenya meliputi sebuah kabel tipis yang harus ditanam dalam rumput di daerah penalti dan belakang garis gawang dimana kabel tersebut akan dialiri medan magnet. Kemudian bola yang didalamnya dipasangi sensor, pusat komputer pengendali dan tidak lupa juga jam tangan untuk menampilkan hasil apabila terjadi gol.

Sumber :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar